Isnin, 15 Mac 2010

makna surah al fatihah


Surah Al Faatihah
1. Dengan Menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang
Artinya Kita memanggil nama Allah agar mendapatkan karunia-Nya dan mendapatkan rahmat-Nya. Oleh karena itu tiap akan melaksanakan suatu pekerjaan di awali dengan ayat ini.

2. Segala Puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam
3. Maha Pemurah lagi Maha Penyayang
Artinya : Kita telah mengenal/mengetahui Allah SWT, yang telah menciptakan alam semesta ini dengan melimpahkan karunia-Nya dan rahmat-Nya dan kita bersyukur akan karunia dan rahmat yang diberikan kepada kita. Kita harus bersyukur kepada Allah SWT karena ni’mat-ni’mat yang kita dapatkan dan rasakan merupakan karunia dan rahmat dari Allah SWT.

4. Yang Menguasai hari pembalasan
Artinya : Kita sudah mengetahui bahwa Allah SWT telah menciptakan kita dan kita akan kembali kepada-Nya untuk menerima ganjaran atas amal perbuatan kita di dunia.

5. Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan
Artinya : Kita telah mengucapkan/berkata kepada Allah SWT, bahwa hanya kepada Allah kita menyembah dan memohon pertolongan. Kita telah berjanji akan mentaati perintah-Nya dan menjauhkan larangan-Nya serta tidak akan menduakan/menyekutukan Allah SWT. Ayat ini telah membuat hati saya menjadi bergetar karena janji saya kepada Allah karena takut tidak dapat memenuhi janji saya kepada Allah SWT.

6. Tunjukilah kami jalan yang lurus
7. (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan ni’mat kepada mereka, bukan (jalan) mereka yang dimurkai (Yahudi) dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat (Nasrani)
Artinya : Kita memohon bimbingan Allah SWT agar tidak tersesat dalam menuju keabadian kelak (akhirat)

(Ya Allah, ampunilah hamba-Mu ini, dengan segala keterbatasan mencoba memaknai kalam-Mu)

Tiada ulasan:

Catat Ulasan